Bagaimana membuat Blog di www.blogger.com (Bag. 1)

Karena banyaknya request dari teman-teman yang menginginkan dijelaskan tutorial membuat Blog dan bagaimana caranya mengatur agar tampilan blog kita indah, menarik. Baiklah akan kita mulai satu per satu tutorial pembuatan blog mulai dari tahap pendaftaran sampai ke tingkat lanjut.
Marilah Kita Mulai .
Pertama kali yang anda lakukan adalah anda harus mempunyai account Gmail terlebih dahulu, untuk membuat account E-mail di Gmail anda bisa langsung merujuk ke link. www.gmail.com. Lalu pilih sign Up,masuk deh ke pengisian form data pribadi anda, setelah anda selesai membuat account dengan Gmail ketikan di browser web anda alamat Blogger, www.blogger.com, akan muncul tampilan login dsb,

Setelah tampilan sempurna tereksekusi coba anda lihat di bagian paling atas untuk melihat pemilihan bahasa yang akan digunakan,jika anda mahir bahasa inggris silahkan piih bahasa inggris namun bagi yang bahasa inggrisnya jelek anda bisa memilih bahasa Indonesia. Setelah itu anda login di box yang tersedia isikan alamat email pada email dan password email anda pada box yang telah tersedia. Apabila login anda benar maka akan muncul tampilan Dasbor dari blooger seperti
Setelah itu anda bisa mengklik link untuk membuat blog (Buat Blog) yang ada di bagian kanan atas, akan muncul langkah-langkah ikuti saja langkah-langkah yang ditampilkan oleh blogger pastikan anda mengisikannya dengan benar, dan pilih alamat blog anda dengan nama yang unix, nama blog anda ini merupakan alamat (URL) Blog anda, jadi anda harus memberi nama unix tetapi usahakan yang mudah diingat. (http://namabloganda.blogspot.com) setelah anda menyelesaikan langkah yang pertama ini anda akan masuk ke langkah dua yaitu pemilihan template (design web anda),pilih yang sekiranya sesuai dengan mood anda, oh ya apabila daftar template yang disediakan oleh blogger tidak ada yang menarik hati anda janga khawatir karena di luaran sana banyak yang menyediakan template gratisan yang mungkin menarik hati anda, (untuk teknik perubahan template akan saya jelaskan di Tutorial Berikutnya) . klik link ke langkah selanjutnya,, oh ternyata blog anda sudah jadi!! . Gimana gampang bukan ??
Setelah blog anda telah dibuat saatnya bagi anda untuk menuliskan karya-karya anda,
Pada halamn utama ini terdapat 3 Tab yang berisi Posting , Pengaturan,Tata Letak,
Pada Tab Posting terdapat Buat, Edit Entri, Moderasi Komentar. Di Tab terdapat fungsi-fungsi yang disediakan oleh blogger untuk membuat Posting Baru, Mengedit Posting, dan juga pengaturan komentar pada Postingan kita. Sementara pada Tab Pengaturan terdapat bermacam-macam settingan untuk mengatur jumlah postingan kita yang akan ditampilkan di HomePage, dll bisa anda coba-coba sendiri , dan pada Tab yang ketiga terdapat link untuk mensetting design pada blog anda , untuk page element halaman anda bisa klik n drag pada gadget yang telah disediakan oleh blogger.
Akhir kata selamat mencoba mensetting aja yahh …

Happy Blogging ..

5 comments:

  1. Terima kasih KK ntar aq mo cb buat ... ntar kasih tutorial lagi yahh ... bagaimana mengganti template dll, :e

    Keep Blogging ...

    See U ...

    ReplyDelete
  2. Silahkan aja .. mampir ... n baca juga pelajari serta praktekan apa yg sudah kmu dapatkan ... semoga blog ini berguna !!!

    Oh ya jangan sungkan2 untk bertanya yahh ...
    saya siap membantu sebisa saya asal jangan minta dipinjami uang :e

    ReplyDelete
  3. Saya pingin bikin blog!!
    sudah nyampek pada tampilannya aja!!
    tolong gimana bikin tulisan/isinya??

    ReplyDelete
  4. lakukan di buat entri bro pada tab posting na !!! .. isikan judul, dan isi dari blognya ..selamat mencoba

    ReplyDelete
  5. pertama kali anda harus masuk terlebih dahulu di blogger, lalu anda lihat bagian kanan atas . ada link yg bernama Dasbor (dlm bhs indo bernama Home)
    anda klik link itu dan akan muncul tampilan di bawahnya lalu anda pilih yg buat entri (new entri/buat entri baru)dll tergantung penggunaan bahasa yang anda gunakan, klo sudah akan tampil halaman baru yang ditandai dgn 3 Tab (posting,Pengaturan,Tata Letak) nah untuk bekerja pada penulisan artikel ada di tab posting klik aja link na n klik lagi yg buat

    Semoga bisa membantu

    ReplyDelete