Tutorial Bag. 2 : Membuat dan menampilkan entri di blogger

Setelah anda selesai membuat blog, tiba saatnya anda untuk membuat entri/tulisan di
Blogger sehingga dapat mewakili anda untuk mengungkapkan apa yang ingin anda sampaikan kepada pengunjung web anda dan tulisan ini bisa juga sebagai sarana komunikasi antara anda dan pengunjung blog anda. Marilah kita ikuti langkah-langkah di bawah ini:
Pertama sekali anda diharuskan untuk login terlebih dahulu di http://www.blogger.com seperti biasa apabila login anda benar maka browser anda akan meredirect ke tampilan dasbor dari blog anda.


Lihat gambar, Pada bagian ini terdapat Link-link yang mempunyai fungsi sbb:
Entri Baru digunakan untuk memposting/menuliskan tulisan baru untuk ditampilkan pada blog anda. Pada link inilah kita menuliskan artikel yang hendak kita terbitkan pada halaman blog kita. Setelah selesai menuliskannya jangan lupa untuk klik Terbitkan Entri.

Edit Entri ini biasa kita gunakan untuk mengedit tulisan kita apabila terdapat salah ketik atau kesalahan-kesalahan yang tidak sengaja kita lakukan. Pada bagian Edit entri ini terdapat pengelompokan tulisan kita yang biasa kita sebut sebagai label, missal label Programming berisi semua tulisan yang menjelaskan tentang programming, dengan adanya label ini memungkinkan kita untuk tidak mencampuradukan tulisan-tulisan yang tidak termasuk dalam kategorinya, Tidak mungkin kan dalam label Programming kok ada tulisan tentang curhat kita.
Pengaturan terdapat bermacam-macam pengaturan yang biasa kita gunakan untuk misalnya membatasi jumlah postingan baru yang akan kita tampilkan pada halaman utama blog anda, mengatur penulisan format tanggal dll. Silahkan anda coba-coba sendiri.
Tata Letak ini berisi control untuk mengatur tampilan dari blog anda mulai dari perubahan design blog anda, penambahan widget, Pengaturan Font-Warna, Back Up atau Restore Tampilan design Blog anda, sebelum anda mengubah tampilan Design blog anda sebaiknya anda back Up terlebih dahulu dengan cara pilih Tab Tata Letak | Edit HTML | Download Template Lengkap. Sehingga dengan dilakukannya Back Up apabila terdapat error pada perubahan yang anda lakukan, anda dapat mengupload ulang tampilan Blog anda tanpa harus membuatnya dari awal lagi.
Lihat Blog Berfungsi untuk melihat tampilan Blog setelah dilakukannya Perubahan pada Blog anda.

Selamat Mencoba..,…..
Happy Blogging

5 comments:

  1. Thanks KK ... Aq baru tau apa itu label :e ...
    KK koq bagian pengaturan ga di jelasin sihhh :v Padahal aq ngarepin banget tuhh !!! ... soalnya aq takut kalau-kalau salah format nya :c

    ReplyDelete
  2. wah .. wah ... sampe2 malaikat cinta datang berkunjung :q , cup .. cupc.. cup .. coba-coba aja yahh .. coz . biar menimbulkn rasa penasaran anda ... :e

    ReplyDelete
  3. selamat malam Tutut (pak dosen).... toturial kamu bagus utk pembelajaran blog dan mengembangkan blog, tulisan ini akan berlanjut kan... saya mereferensikan siswa-siswa saya (terutama siswa kls XI yg ingin belajar ngeblog dari blogspot) utk baca tutorial ini, bahasanya sederhana, mudah dipahami. Bu Suci

    ReplyDelete
  4. Insya Allah Lanjut Terus ibarat pepatah mengatakan Ikatlah Ilmu dengan cara menuliskannya
    ..... Boleh saja Bu... :c

    ReplyDelete
  5. heemm,,sing rodo ngeri endi hime??,,xixix

    ReplyDelete