Mereset Password Root

Hmm…Dunia Linux, Dunia yang aneh memang, Dunia yang penuh dengan Kejutan, Dunia yang penuh dengan Ilmu, Dunia yang penuh dengan Kesabaran, Kenapa saya bilang begitu karena jika anda sudah mulai mengenal Linux, hidup anda tidak akan terlepas dari Internet (baca : selalu mencari tau tentang kesalahan-kesalahan, update terbaru maupun Tanya jawab tentang Linux, melalui fasilitas Search Engine). Karena di dalam Internet orang harus dituntut serba sabar, coba anda gabung di dalam sebuah forum dan mengajukan sebuah/beberapa pertanyaan, pastinya anda, dengan sabar menunggu pertanyaan anda dijawab oleh member yang ada di forum tersebut. Terlebih lagi jika koneksi internet anda lemot habis….wkwkwkwk. Yah itu hanya kata pembuka saja, agar anda selalu sabar, harus selalu ingin tahu, dan tetap semangat. Karena tanpa hal itu semua mustahil bagi kita untuk tetap exist di dunia yang selalu terdapat perubahan IT.

Pada Kesempatan kali ini saya ingin mencoba untuk membuat sebuah tutorial, bagaimana seandainya kita lupa password Root pada Linux.
Root wahh siapa yang tidak kenal dengan Filesystem ini ?? . Tanpa kehadiran Root kita tidak bisa mengadministrasi system linux kita, kita tidak bisa menginstal aplikasi, mengupgrade aplikasi, dan juga mengunistall aplikasi kita dan masih banyak lagi kemampuan yang bisa dilakukan oleh Root, Root ini bisa dibilang sebagai Dewa di dalam Sistem Operasi Linux, karena dialah yang berkuasa penuh di dalam Linux. Coba anda bayangkan seandainya password untuk Root ini lupa ?? Namun tidak perlu khawatir password root ini bisa diganti koq, langsung aja yahh,
Pertama-tama reboot lah terlebih dahulu Distro Linux anda, saya di sini menggunakan RedHat Enterprise 5 Client. Setelah anda sampai pada tampilan boot loader, tekan e untuk mengedit,













Tambahkan di belakang baris terakhir dengan kata single, setelah itu tekan enter masuk ke menu boot loader lagi, tekan b untuk boot, tunggu sampai anda masuk ke single user. Setelah itu di console yang tersedia ketik perintah untuk mengganti password yaitu :

# passwd

Masukan password Baru yang anda inginkan, masukan Konfirm password, setelah semua selesai Reboot ulang Linux anda.

Selamat Anda telah berhasil merubah password Root anda.

4 comments:

  1. Halah, pake Windows aja dah blank, apalgi linux?

    ReplyDelete
  2. wew ... enak ko bljar linux .. n bljar linux ga sesusah mahami hati cowo koq .. Lebay mode on ..wkwkwk
    thanks dh berkunjung yahhh :D

    ReplyDelete
  3. om...
    nek nganggo lilo njebole piye???

    ReplyDelete
  4. pada bae jon .. tinggal nambahi single .

    ReplyDelete