Hal yang dibutuhkan calon mahasiswa jurusan Teknologi Informasi.

Seiring dengan populernya jurusan Teknologi Informasi yang melanda dunia pendidikan Indonesia sekarang ini, dan tersedianya lapangan pekerjaan diberbagai Perusahaan Terkemuka di Indonesia yang menjadi salah satu pendorong banyaknya calon mahasiswa yang menginginkan untuk menjadi mahasiswa di jurusan tersebut.
Tak dapat dipungkiri memang banyak tersedianya lowongan IT dengan kualifikasi-kualifikasi tertentu misalnya, lowongan IT Programmer, IT designer, dll. Tentunya dengan adanya kualifikasi-kualifikasi tersebut diharapkan calon mahasiswa sudah dapat mempersiapkan masa depannya kelak, apa yang mereka ingini dan pelajari sehingga setelah lulus mereka dapat memilih kualifikasi lowongan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan mereka tersebut atau malah memanfaatkan peluang membuka lowongan IT yang ada di daerahnya dengan bidang IT yang dikuasai.

Pentingnya perencanaan dalam menempuh dunia pendidikan IT, dapat memberikan sedikit gambaran kepada calon mahasiswa IT mengenai bidang apa yang ingin mereka dalami lebih lanjut. Sehingga ketika mereka telah mencapai tahap akhir pembelajaran mereka tidak perlu bingung harus melangkah ke mana. Karena selama masa pembelajaran mereka telah membekali diri dengan ilmu yang mereka pelajari sewaktu berada di bangku perkuliahan.

Kemudian tahapan perencanaan pembelajaran model apa yang mereka perlu ketahui sebagai mahasiswa jurusan Teknologi Informasi ?
1. Komputer
Komputer wajib dimiliki oleh setiap mahasiswa jurusan Teknologi Informasi, karena peralatan inilah yang digunakan untuk belajar, mengerjakan tugas, membuat laporan dll.

2. Koneksi Internet & Modem
Sekarang ini koneksi internet sudah tergolong murah, ada berbagai paket internet murah yang ditawarkan oleh provider internet di Indonesia, mulai dari Rp. 50.000,-00 per bulan. Harga sebuah modem pun sudah tergolong sangat murah hanya dengan bermodalkan uang Rp 300.000,00 -an anda sudah mendapatkan sebuah modem.

3. Interaksi di berbagai forum dan milis
Dengan berinteraksi antar sesama pengguna internet di sebuah forum atau pun milis dapat menambah informasi mengenai sesuatu hal yang hendak dipelajari atau malah memberikan informasi baru yang menarik untuk dipelajari.
Di Indonesia sendiri sudah banyak forum-forum atau milis yang memberikan membernya untuk saling bertanya, menjawab ataupun sekedar share informasi mengenai issue-issue komputer yang sedang hangat.
Di Tegal sendiri telah ada forum yang khusus untuk orang Tegal dan menggunakan bahasa Tegal yaitu tegalcyber.org.
Diharapkan dengan adanya interaksi dengan sesama IT akan lebih memacu mahasiswa jurusan IT untuk lebih banyak berkarya dan dapat merencanakan masa depannya.

2 comments:

  1. Keren sekali kang benihime ... very great opinion ... G U

    ReplyDelete
  2. hehehe thx bro .. kurang lebih seperti itu bro ... xixixi ...

    ReplyDelete