Java Code Convention

Java Code Convention adalah sekumpulan aturan "tidak resmi" yang dibuat oleh Sun. Salah satu bagian dari Code Convention itu membahas bagaimana menamakan identifers yang seragam.
Latar belakang dibuatnya Java Code Convention ini berasal dari penelitian yang menyebutkan bahwa usaha untuk menulis kode (development) hanya berkisar 20% saja, sedangkan 80% usaha dikerahkan untuk memelihara kode dan menambahkan feature baru ke dalam aplikasi. Hal ini mendorong Sun untuk menyusun Java Code Convention agar usaha untuk membaca kode lebih mudah dan pada akhirnya kode menjadi lebih mudah untuk dipelihara dan dipahami.

Berikut ini beberapa konvensi yang digunakan dalam Java Code Convention
• Class dan Interface selalu diawali dengan huruf besar. Setiap kata selalu diawali dengan huruf besar untuk memudahkan pembacaan. Gaya ini biasa disebut dengan "Camel Case".
Contohnya: Runnable, HashMap, ArrayList dan seterusnya. Selain itu, class haruslah merupakan kata benda, bukan kata sifat atau kata kerja.
• Method selalu diawali dengan huruf kecil. Setiap kata setelah huruf pertama diawali dengan huruf besar. Method haruslah kata kerja untuk menandakan bahwa method ini melakukan suatu kegiatan / aksi. Contohnya : getIndex, setIndex, println, paint, dan seterusnya.
• Variabel menggunakan camel case yang diawali dengan huruf kecil, seperti method. Variabel sebaiknya pendek, jelas, terdengar enak dan kata benda. Contohnya : index, panjang, lebar, indexPertama dan seterusnya.
Konstanta di java dibuat dengan mendeklarasikan sebuah variabel sebagai statif dan fnal,
semua hurufnya adalah huruf besar yang antar kata dipisahkan oleh simbol underscore (_).
Contohnya : FRAME_WIDTH, ERROR_MESSAGE dan seterusnya.
Source : Java-Desktop Ifnu-Bima

0 comments:

Post a Comment