Menggunakan Less

‘less’ adalah salah satu program yang dikategorikan ke dalam jenis ‘pager’ (page=halaman). Artinya jika ada output yang program yang panjang, lebih dari satu halaman layer, maka kita gunakan less agar tampilnya bisa selayar-layarnya.
Program pager yang sering digunakan adalah ‘more’. Cara pemakaiannya biasanya sebagai berikut :
$ PERINTAH…. | more
Contohnya :
$ ls –l | more

Dengan adanya penambahan more maka apabila perintah ls menghasilkan lebih dari satu halaman maka more akan menampilkan lebih dahulu halaman pertama lalu apabila user sudah tuntas membaca dan menekan tombol, baru more akan menampilkan halaman kedua, ketiga dan seterusnya.

Namun kemudian dikembangkan program bernama less yang memiliki kemampuan lebih dari more (nama ‘less’ dari pepatah Inggris ‘less is more’). Hingga kini program less-lah yang lebih banyak dipakai di lingkungan Unix terutama Linux, walau pun more tetap saja tersedia.

Cara memanggil
Less dapat kita beri argumen nama (satu atau beberapa) file yang ingin kita lihat :
$ less NAMAFILE
$ less FILE1 FILE2 FILE3
Atau juga kita taruh di sisi kanan pipe untuk menerima input dari program lain.
$ ls –l | less
$ du –sm * | sort –n | less
$ cat NAMAFILE | less ; # sama dengan less NAMAFILE


Pemakaian Dasar
Setelah masuk ke less, maka less akan menampilkan status di kiri bawah layer, yang bisa seperti ini :
NAMAFILE
Atau:
(END)
atau:
:
(END) artinya teks yang ditampilkan sudah mencapai ujung. Promp “:” (tiitk dua) artinya less siap menerima perintah.
Berbeda dengan more, yang jika output sudah selesai maka langsung exit dan kembali ke promp shell, di less anda perlu keluar dulu dengan menggunakan tombol “q”.
Contoh :
$ ls –l | less
Anda akan masuk ke less yang menampilkan output perintah ls. Tekan “q” untuk keluar.

Navigasi
Navigasi ke awal dan akhir buffer. Di dalam less, tekan “<” (tanda lebih kecil) untuk awal buffer. Tekan “>” (Tanda lebih besar) untuk akhir buffer.
Mengetahui posisi saat ini. Tekan “=” untuk melihat posisi sekarang, jika buffer amat besar dan anda menuju ke akhir buffer, bisa saja less belum menghitung nomor-nomor baris, jadi akan menampilkan pesan ‘Calculating line numbers…(Interupt to Abort). Jika anda tidak sabar, tekan saja CTRL + C. Maka ketika anda menekan “=” Setelah itu, tidak ada informasi nomor baris, hanya ada informasi posisi dalam satuan byte.

Berpindah File
Jika anda me-less dua atau lebih file maka untuk berpindah dari satu file ke file yang lain cukup dengan :p(titik dua diikuti p) untuk previous dan :n(titik dua diikuti n) untuk next.
Naik dan Turun
Tekan tombol panah atas dan bawah, pageDown, pageUp untuk naik dan turundalam hitungan baris dan layer.

Scroll Horizontal.
Defaultnya adalah less akan melipat (wrap) baris yang panjang ke dalam beberapa baris agar muat. Namun jika anda ingin agar baris yang panjang tidak dilipat, anda bisa menambahkan opsi –S saat pemanggilan. Contoh :
$ ls –lR | less –S
$ls –S file1.html

Mengeset Posisi
Anda bisa menuju lokasi atau titik tertentu (seeking) menggunakan less. Untuk menuju posisi 80% dari isi file, ketikan “80p”. untuk menuju ke nomor baris tertentu, mis baris 5000, ketik 5000 diikuti tombol Enter.

Sumber : Steven Haryanto

2 comments:

  1. numpang baca aja gan .... bwt nambah-nambah ilmu :e
    soale Q blom ngerti bener ma linux
    By ::
    YourFans :f

    ReplyDelete
  2. om bud ...

    ikutan blajar boleh yah ,,,...xixixi

    ReplyDelete