Sekilas Java

Java pertama kali diluncurkan pada tahun 1995 sebagai bahasa pemrograman umum (General Purpose Programming Language) dengan kelebihan Java bisa dijalankan di web browser sebagai applet.. Sejak awal, para pembuat Java telah menanamkan visi mereka ke dalam Java untuk membuat piranti-piranti yang ada di rumah (small Embeded customer device) seperti TV, Telepon, Radio dan sebagainya supaya dapat berkomunikasi satu dengan yang lain. Tentu saja jalan menuju visi ini tidak mudah untuk ditemukan apalagi untuk ditempuh. Langkah pertama yang diambil SUN MicroSystem adalah dengan membuat JVM (Java Virtual Machine) yang kemudian diimplementasikan dalam bentuk JRE (Java Runtime Environment) .
JVM adalah lingkungan tempat eksekusi program Java berlangsung di mana para objek saling berinteraksi satu dengan yang lainnya. Virtual Machine inilah yang menyebabkan Java mempunyai kemampuan penanganan memori yang lebih baik, keamanan yang lebih tinggi serta portabilitas yang besar.
Tahapan pertama yang diperlukan untuk memulai melakukan pemrograman adalah mendapatkan J2SE (Java 2 Second Edition), JDK (Java Development Kit), dan dokumentasi API (Application Programming Interface), Java (Java Doc) semuanya dapat anda download dari wesite Sun (http://java.sun.com) secara gratis. Di dalam JDK tersebut telah tersedia compiler Java (Javac) yang akan digunakan untuk mengkompile source code Java dan Interpreter Java (Java) yang digunakan untuk mengeksekusi bytecode yang dihasilkan oleh compiler Java (file dengan ekstensi class).
Sun juga telah menyediakan apa yang disebut dengan JRE (Java Run-time Environment) yang merupakan subset dari JDK. Jika kita hanya ingin mengeksekusi program Java, maka hanya perlu menggunakan JRE, tidak memerlukan SDK. Secara umum JDK terdiri atas JRE + Compiler Java dan Source Code Library Java.
Pada waktu hendak mendownload ataupun melakukan instalasi, pastikan memilih JDK/JRE yang sesuai dengan system operasi di mana anda menggunkannya. Di dalam JDK/JRE inilah terdapat apa yang dikenal sebagai Java Virtual Machine. Oleh karena itu, untuk dapat mengeksekusi suatu program Java yang telah di-complie, hanya perlu menginstal JDK/JRE yang sesuai dengan system operasi yang akan kita gunakan. Namun apabila anda ingin belajar Programming Java anda harus menginstall JDK nya.

Tulisan Selanjutnya akan dibahas mengenai instalas Java pada OS Windows n Debian :D

Sumber : Ginanjar Utama n Indrajani n Martin

2 comments:

  1. Katah pak guru diriku, pembuat java itu terinspirasi oleh Kopi dari Jawa loh mas...

    btw, lam knal...

    ReplyDelete
  2. Salam kenal juga mas Irfan
    bener mas irfan...sebenernya malah mo di kasih nama OAK terinspirasi ma pohon OAK namun karena OAK sudah menjadi suatu nama bahasa pemrograman OAK maka dipilihlah Java :e

    ReplyDelete